kumpulan soal dan jawaban, materi pelajaran, tugas sekolah



Fisika SMA: Latihan Soal Materi Gelombang



Selamat datang di blog jawabpedia.blogspot.com http://www.jawabpedia.blogspot.com/, Anda sedang membaca postingan yang berjudul "Fisika SMA: Latihan Soal Materi Gelombang", dan jika anda beruntung, kemungkinan ada link download pada setiap postingan yang ada di blog ini, jika data yang anda cari tidak ada, silahkan cari di kotak pencarian di atas postingan, dan atau di bawah postingan (untuk view handphone dan atau smartphone). Nah untuk view destop atau PC atau laptop kotak pencarian ada di atas postingan dan samping kanan atas (sidebar) blog ini. oke deh.. selamat menikmati

Admin jawabpedia.blogspot.com


Admin jawabpedia.blogspot.com menyampaikan terimakasih atas kunjungan anda, jangan sungkan untuk berbagi, Anda masih membaca postingan yang berjudul "Fisika SMA: Latihan Soal Materi Gelombang" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog jawabpedia.blogspot.com. semoga bermanfaat...

Fisika SMA: Latihan Soal Materi Gelombang - Kali ini markas fisika akan membagikan latihan soal mengenai pembahasan materi gelombang.
Pembahasan materi gelombang telah dibagikan,kali ini akan membagikan juga tentang latihan soal fisika sma materi gelombang,berikut soalnya
Baiklah, catat dan simak soal dibawah ini dengan baik.
  1. Seutas tali yang panjangnya 75 cm digetarkan harmonik naik turun pada salah satu ujungnya sedangkan pada ujung lainnya bebas bergerak.
    a) jika perut kelima berjarak 25 cm dari titik asal getaran, berapa panjang gelombang?
    b) berapa jarak simpul ketiga dari titik asal getaran?
  2. Seutas tali yang panjangnya 140 cm direntangkan horizontal. Salah satu ujungnya digetarkan sedangkan ujung lainnya dibiarkan bebas bergerak.
    a) berapa panjang gelombang yang merambat pada tali jika simpul ketujuh berjarak 92,5 cm dari titik asal getaran?
    b) tentukan letak perut ke empat di ukur dari titik asal getaran.
  3. Seutas tali AB yang memiliki panjang 5 meter digantung vertikal dan digetarkan pada A dengan frekuensi 6 Hz dan amplitudo 4 cm, sedangkan ujung B sebagai ujung bebas. Getaran tersebut merambat pada tali dengan laju 4 m/s. Apabila titik C terletak pada tali sejauh 3,5 m dari titik A, tentukanlah:
    a) waktu yang dibutuhkan sejak A digetarkan sehingga titik C mulai mengalami gerakan gelombang stasioner,
    b) simpangan titik C setelah A digetarkan 3 sekon
    c) tiap berapa sekon terjadi simpul di titik C?
  4. Seutas tali yang panjangnya 6 m direntangkan horizontal. Salah satu ujungnya digetarkan sedangkan untuk ujung lainnya tetap, setelah pada tali terjadi gelombang stasioner, ternyata perut kelima berjarak 3,75 m dari titik asal getaran. Berapa panjang gelombang yang terjadi? dan hitunglah letak simpul kelima diukur dari titik awal asal getaran.
  5. Tali TV memiliki panjang 6 m dengan ujung V terikat. Ujung T digetarkan dengan frekuensi 10 hz dan amplitudo 6 cm. Jika getaran merambat sepanjang tali dengan laju 12 m/s, tentukanlah.
    a) amplitudo gelombang stasioner di titik T yang terletak 3 meter dari V,
    b) waktu yang diperlukan sejak V digetarkan sehingga T terjadi gelombang stasioner,
    c) smpangan titik V setelah T digetarkan 0,60 sekon dan 3 sekon.
Demikian latihan soal pada materi gelombang, semoga bermanfaat.

Sumber:
Foster, Bob, (2004). Fisika SMA Terpadu. Jakarta: Erlangga


Terimakasih atas kunjungan anda ke blog jawabpedia.blogspot.com http://www.jawabpedia.blogspot.com/, Anda telah mengunjungi postingan yang berjudul "Fisika SMA: Latihan Soal Materi Gelombang" jika anda beruntung, akan anda link download ditiap-tiap postingan pada blog jawabpedia.blogspot.com. semoga bermanfaat...

Admin jawabpedia.blogspot.com



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Fisika SMA: Latihan Soal Materi Gelombang

0 komentar:

Posting Komentar